Lampu adalah sebuah piranti yang memproduksi cahaya. Kata "lampu" dapat juga berarti bola lampu. Lampu memerlukan suatu energi untuk menghasilkan cahaya energi yang digunakan bisa berupa listrik, gas, dan energi lainnya. Lampu yang ada saat ini menggunakan energi listrik sebagai sumber dayanya. Energi listrik dipilih karena lebih efisien juga mudah penerapannya serta lebih aman. Lampu juga dapat mengatur warna dan terangnya cahaya yang diproduksi.
Ilmuwan yang menemukan atau bisa disebut pencipta bola lampu adalah Thomas Alfa Edison. Perjuangan panjang yang dilakukan Thomas sekarang mendapatkan hasil, yang dulunya selalu gagal kini penemuannya hampir semua orang menggunakannya.
Sensor adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi dan mengetahui magnitude tertentu. Sensor merupakan jenis transduser yang digunakan untuk mengubah variasi mekanis,  magnetis, panas, sinar dan kimia menjadi tegangan dan arus listrik. Sensor memegang peranan penting dalam mengendalikan proses pabrikasi modern. Sensor yang sering digunakan dalam berbagai rangkaian elektronik salah satunya adalah sensor cahaya (LDR).
 Sensor cahaya adalah alat yang digunakan dalam bidang elektronika yang berfungsi untuk mengubah besaran cahaya menjadi besaran listrik. Sensor cahaya LDR (Light Dependent Resistor) merupakan suatu jenis resistor yang peka terhadap cahaya. Nilai resistansi LDR akan berubah-ubah sesuai dengan intensitas cahaya yang diterima. Jika LDR tidak terkena cahaya maka nilai tahanan akan menjadi besar (sekitar 10MΩ) dan jika terkena cahaya nilai tahanan akan menjadi kecil (sekitar 1kΩ).
       Tujuan membuat Lampu Otomatis Menggunakan Sensor Light Dependent Resistor (LDR) ini adalah :
Mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat khususnya dunia elektronika dan mengembangkan produk lampu otomatis menggunakan sensor cahaya.
       Manfaat membuat Lampu Otomatis Menggunakan Sensor Light Dependent Resistor (LDR) ini adalah :
Bagi Pengembang
  1. Kita bisa mengetahui cara kerja lampu jalan.
  2. Kita bisa  lebih mengetahui teknologi di Indonesia.
  3. Kita bisa melakukan pengamatan lampu jalan .

Bagi Masyarakat

  1. Bisa menerangi jalan untuk masyarakat.
  2. Membantu masyarakat dalam penerangan jalan dengan menggunakan sensor akan lebih mudah untuk masyarakat karena langsung otomatis menyala.
  3. Untuk menghindari adanya kejahatan, seperti begal dan sebagainya.
       Hasil praktikum kami dapat di lihat di Youtube, dengan link dibawah ini :




Sekian dan terima kasih ^.^